Serunya Hidup Di Era Digital Bersama Domainesia

Pengalaman Pitching Pertama Dihadapan Manajemen Perusahaan Peternakan.

Desember 2015.

Setelah membuat jadwal bertemu dua hari sebelumnya, saya dan Mas Woro (teman baik di kampus) bergegas pergi menggunakan motor untuk bertemu dengan Pak Ilham di Jalan Segoroyoso Kabupaten Bantul, sebuah kawasan yang mana penduduknya cukup banyak beternak sapi.

Sampailah kami di rumah Pak Ilham yang besar, nyaman dan bersih, Pak Ilham menyambut hangat dan ramah serta mempersilahkan kami untuk masuk. Tangannya menjabat erat serta senyumnya menyeringai tulus. Itu kesan pertama ketika saya bertemu Pak Ilham, seorang peternak besar dengan kurang lebih 300 ekor sapi yang beliau budidayakan selama 30 tahun terakhir.

Orang yang akan saya hadapi bukanlah orang biasa, beliau adalah seorang praktisi dan akademisi  lulusan S2 peternakan kampus ternama di jogja. Tentu beliau lebih kaya ilmu dan sarat pengalaman dalam menjalani bisnis peternakan sapi.

Sebelum bertemu dengan pak ilham, saya dan mas woro bertemu terlebih dahulu dengan pak lutfi, beliau banyak bercerita tentang dunia usaha khususnya di bidang peternakan sapi. Banyak hal baru yang saya dan mas woro dapatkan dipertemuan ini serta banyak peluang yang bermunculan.

Saya mulai memperkenalkan diri kepada pak ilham, menjelaskan aktifitas serta portofolio yang pernah  dikerjakan. Ilmu presentasi dan negosiasi yang saya dapatkan di bangku kuliah, begitu sangat berharga saat itu.

Presentasi dan negosiasi tadi sangat seru walau belum menemui nilai yang cocok, kemudian setelah dirasa cukup, saya dan mas woro pulang ke kampus karena ada seminar akuntansi.

Diperjalanan pulang, mas woro menilai penampilan ketika saya presentasi dihadapan jajaran manajemen perusahaan peternakan. Mas woro menilai dari A sampai Z kemudian memberikan angka 7 untuk skala 1 – 10.

Pelajaran lain yang saya dapatkan dari pak ilham ialah selain bisnis peternakan sapi potong, betapapun sibuknya kita, jika kumandang adzan telah bergema, segeralah tinggalkan perniagaan atau aktifitas lainnya, tunaikan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu sholat.

Membangun Aset Digital Yang Sangat Bernilai.

Seminggu setelah pitching dihadapan manajemen perusahaan peternakan, saya dihubungi Pak Lutfi, beliau mengabarkan bahwa nilai yang saya tawarkan disetujui dengan opsi dua kali pembayaran. Ketika mendengar hal tersebut, saya sangat senang sekali. Ini jadi pengalaman pertama bagi saya untuk handle sebuah perusahaan.

Saya banyak terhubung dengan Pak Lutfi terkait data yang diperlukan mulai dari sejarah perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan sampai dengan strategi pemasaran yang selama ini dipakai. Dari data yang saya kumpulkan, saya mulai merancang strategi marketing online, kemudian hasil seperti apa yang diharapkan nantinya. Semuanya benar-benar saya rancang dengan serius.

Setelah semua hal yang diperlukan terkumpul dan siap, langkah selanjutnya yang saya kerjakan ialah dengan membeli domain hosting untuk kemudian saya bangun menjadi sebuah website perusahaan. Dari pertama belajar membuat website sampai sekarang ini, saya selalu percayakan kebutuhan domain hosting saya ke domainesia.

Harga domain hosting yang ditawarkan domainesia cukup murah dengan layanan terbaik dan sangat memuaskan. Silahkan jika kawan kawan ingin membeli domain murah dan hosting murah, langsung saja beli di domainesia.

Dibawah ini adalah website client yang saya buat dengan menggunakan CMS WordPress, masih sederhana namun sudah cukup powerfull menurut saya. Dari website ini client saya bisa terhubung dengan Dinas Peternakan Provinsi Riau untuk menjalin kerjasama produktif. Pada bulan desember tahun 2016, Dinas Peternakan Provinsi Riau mengirim total 150 petani dan peternak ke yogyakarta untuk belajar bisnis sapi potong secara keseluruhan di Bhumi Andhini Farm and Education.

Desember tahun 2018 website ini genap berumur 3 tahun, selama ini setiap ada kendala yang menyangkut website kemudian saya sulit menyelesaikannya. Tim domainesia selalu dengan sabar membantu menyelesaikan kendala tersebut. Kemudian website ini juga telah banyak membantu client saya terhubung dengan pelanggan serta calon mitra dari seluruh indonesia.

Website client.

Puluhan email yang masuk ke website dari instansi, perorangan maupun dari perusahaan.

Salah satu email, menanyakan tentang kemitraan.

Ketika awal-awal website ini berdiri, saya cukup kesulitan mencari pengunjung agar bisa melihat dan mencari informasi lebih jauh tentang client saya. Saya melakukan riset di google search engine kemudian menjalankan strategi marketing online yang telah dibuat, hasilnya sekarang kunjungan ke website client saya setiap bulannya bisa mencapai ribuan pengunjung.

Jika pengunjung website mencapai ribuan orang, tentu hal ini akan sangat baik bagi sebuah bisnis.

Statistik pengunjung web setiap bulannya, data ini saya ambil dari jetpack statistik web.

Sebuah blog atau website tidak hanya berfungsi sebagai media informasi untuk mengenalkan bisnis atau layanan, tetapi lebih luas mencakup kredibilitas, jaringan kerjasama atau networking, perkembangan kinerja perusahaan hingga publikasi kegiatan perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat luar.

Manfaat lain jika memiliki blog atau website :

  • Media promosi untuk menjual produk atau jasa, bisa diakses 24 jam tanpa henti oleh banyak orang dimanapun berada selama terhubung dengan internet.
  • Media untuk menyajikan informasi lebih lengkap dan aktual.
  • Data pemasaran atau marketing yang luas, aktual, dan murah. Melalui website, kita dapat menganalisa pelanggan atau audience yang berkunjung ke website, dari data yang diperoleh kita dapat menentukan strategi marketing selanjutnya.

Tidak hanya perusahaan yang ingin memasarkan produknya secara global dengan biaya yang efisien, tetapi juga pemerintah, partai politik, yayasan, organisasi, lembaga, dan bahkan individu juga telah menggunakan website untuk mendapatkan kemudahan dalam memberikan informasi, serta pengembangan layanan usaha.

Saat ini pertumbuhan pengguna internet di dunia menunjukan angka yang sangat tinggi. Menurut data yang dihimpun dari We Are Social, sebuah perusahaan digital agency di Singapura, pengguna internet di dunia hingga bulan November 2015 telah mencapai angka 3,25 milyar. Angka ini naik 80 juta dari tahun 2014 yang sebanyak 3,17 milyar. Dapat dipastikan angka ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di dunia. (https://id.techinasia.com/talk/statistik-pengguna-internet-dan-media-sosial-terbaru-2015)

Kemudian pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tahun 2017 menunjukan angka yang tinggi. Menurut data yang di himpun dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Mengungkapkan survey terbaru mengenai jumlah pengguna internet di Indonesia yang telah mencapai 143,26 juta pengguna. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun 2016  yang hanya mencapai 132,7 juta pengguna, dapat kita simpulkan angka pertumbuhan ini akan terus meningkat seiring dengan perkembangan jaman.

Lalu bagaimana dengan pertumbuhan pengguna social media dalam hal ini facebook, menurut data yang saya kutip dari we are social. Indonesia menyumbang jumlah pengguna Facebook terbesar urutan ke-empat secara global.

Boost Your Business With Digital Marketing !!

Firdaus Al Mahmud – AdsEdelweiss.

25 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *