Cerita Perjalanan Digital Marketing Life Hacks

Nama saya Firdaus Al Mahmud, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin membagikan cerita perjalanan tentang belajar Digital Marketing versi saya. Sebelum memulai saya harus desclaimer dulu, sampai saat ini saya belum mencapai titik yang diharapkan namun saya telah berproses dengan segala dinamika yang ada di dalam digital marketing itu sendiri, seperti boncos pada saat ngiklan, mendapatkan penjualan, mendapat klien atas jasa yang saya tawarkan dan lain sebagainya.

Semua berawal dari tahun 2009 setelah saya lulus bangku SMA. Saat itu Bapak di rumah memasang layanan internet dari salah satu provider terkenal yang ada di indonesia, sejak internet dipasang di rumah, saya mulai mengenal sosial media, email, blog, toko online serta bagaimana caranya menghasilkan uang melalui internet.

Pendapatan pertama saya melalui internet didapat pada tahun 2009 melalui program afiliasi salah satu perusahaan, total saya mendapat pembayaran sekitar $40 yang dibayarkan melalui PayPal. Sayangnya saya tidak bisa menampilkan screenshootnya disini karena PayPal hanya bisa menampilkan riwayat pembayaran 3 tahun terakhir, kemudian saya masih ingat bagaimana senangnya ketika mendapat pembayaran, uangnya saya pakai membeli kaos di bandung bersama adik saya Fauzan Husni.

Lalu apa itu digital marketing ?

Saya mulai intensif belajar digital marketing mulai tahun 2015, berarti sekarang sudah 4 tahun lamanya, segala macam teknik digital marketing pada saat itu hingga sekarang terus saya pelajari, mulai dari Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, cara membuat toko online, cara membuat website, ikut kursus online, ikut seminar digital marketing hingga workshop digital marketing, semuanya saya ikuti dan pelajari hanya untuk bisa mengerti apa itu digital marketing, lebih jauhnya saya ingin bisa berpenghasilan cukup melalui bisnis online, kemudian saya juga pernah ikut workshop yang di selenggarakan oleh pejuang digital selama 9 hari di semarang, disana saya belajar digital marketing dari beberapa praktisi yang berpengalaman dan expert di bidangnya.

Saya belajar Search Engine Marketing dari Mas Edi, beliau salah satu mentor pejuang digital, pernah bekerja di google indonesia, kemudian saya juga belajar dari Mas Ihsan COO InboundID, perusahaan digital agency dengan total spend google ads paling besar di indonesia, telah menangani klien dari perusahaan perusahaan besar yang ada di indonesia, serta saya belajar dari mentor lainnya yang tidak kalah hebat. Bagi temen temen yang ingin belajar digital marketing, bisa mengikuti workshop pejuang digital batch selanjutnya.

Digital marketing menurut saya ialah proses pemasaran melalui platform digital. Kita bisa menggunakan sosial media seperti facebook, twitter, instagram, bisa juga menggunakan blog atau website, email atau bisa juga menggunakan aplikasi chat seperti whatsapp dan telegram.

Teknik pemasaran menggunakan setiap platform tentu berbeda-beda menyesuaikan dengan pasar dan produk yang kita jual dan aturan dari platform itu sendiri. Menjual menggunakan facebook ads tentu berbeda dengan menjual menggunakan google ads. Jika menjual menggunakan facebook ads, kita menawarkan produk kepada audience yang menurut kita sesuai, beda halnya dengan google ads, kita menawarkan produk kepada audience yang sedang mencari melalui mesin pencari. Dibawah ini akun iklan yang saya pakai ketika promosi di facebook dan instagram, sebenarnya ada dua akun yang saya miliki namun yang satunya sudah tidak bisa dipakai.

Bisa kita lihat pada gambar, dengan budget marketing sekitar 4juta, saya bisa menjangkau 756566 orang yang ada di seluruh indonesia, iklan saya muncul sebanyak 928658 kali kemudian mendapatkan 2585 klik. Sebuah promosi yang cukup efektif bukan?

Saya mulai beriklan di facebook pada saat metode pembayaran sudah bisa menggunakan transfer bank, lebih memudahkan saya pada saat itu yang belum mempunyai kartu kredit, PayPal sebenarnya sudah punya namun harus membeli dulu saldo agar bisa beriklan. Ribet 😀

Beriklan di facebook ?

Facebook merupakan sosial media yang banyak penggunanya, berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite, pertumbuhan facebook mencapai 13 persen dengan jumlah pengguna sebanyak 3 milyar pada tahun 2018. Indonesia menjadi negara dengan penyumbang pengguna facebook terbesar ke-empat secara global.

Berdasarkan sumber yang sama, jumlah pengguna internet di dunia kini telah mencapai angka 4 milyar dari total populasi 7.5 milyar jiwa. Bertambahnya  jumlah pengguna ini dipicu oleh meningkatnya distribusi smartphone dan jaringan internet yang sudah mulai merata.

Dari data diatas dapat kita simpulkan bahwasanya facebook merupakan saluran promosi yang sangat bagus mengingat pertumbuhan facebook yang terus meningkat setiap tahunnya, ditambah dengan pertumbuhan pengguna internet yang terus meningkat pula. Facebook bisa menjadi penghubung antara kita sebagai pemilik bisnis dengan calon pembeli potensial.

Beriklan di facebook dan instagram ?

Beriklan di facebook atau instagram sangat mudah bagi mereka yang mau belajar. 😀

sekarang sudah banyak kursus online yang mengajarkan bagaimana cara beriklan menggunakan facebook dan instagram. Facebook sendiri memiliki saluran khusus yaitu Facebook Blueprint bagi sesiapa yang mau belajar tentang periklanan facebook. Kemudian setiap tahunnya facebook sering mengadakan Facebook Laju Digital yaitu seminar gratis yang membahas isu isu terbaru tentang facebook.

Instagram menjadi bagian kesatuan dari facebook, ketika kita ingin beriklan di instagram maka sistem akan meminta kita menghubungkan instagram dengan akun facebook yang kita punyai. Ingin tau bagaimana facebook dan instagram bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis kita, simak video dibawah ini.

Bagaimana dengan beriklan di google ?

Google salah satu perusahaan teknologi dunia yang sangat banyak pengunanya. Google mempunya banyak produk yang sangat powerfull untuk mendukung bisnis yang sedang dijalani, salah satunya layanan iklan google atau google ads.

Google ads sampai saat ini masih menjadi salah satu sumber pemasukan utama google, dengan google ads kita bisa terhubung dengan calon pembeli potensial yang ada di seluruh dunia khususnya indonesia. Google ads salah satu teknik digital marketing menggunakan mesin pencari google atau biasa dikenal dengan istilah search engine marketing. Saya telah memakai teknik ini untuk membantu memasarkan produk salah satu klien, dengan biaya iklan sekitar 3jt, ada 3000 orang yang berkunjung ke website untuk melihat informasi dan penawaran produk.

Pebisnis yang beriklan di google akan dipertemukan dengan calon pembeli yang mencari produk atau informasi mengenai apapun di internet, maka google dengan teknologi yang dipunyai akan menampilkan beberapa informasi yang sesuai termasuk diantaranya iklan.

Misal temen-temen sedang mencari informasi tentang domain gratis, ketik saja di mesin pencari google maka akan muncul beberapa informasi perusahaan penyedia layanan domain hosting yang beriklan di google.

Untuk beriklan di google, temen-temen memerlukan website dengan server yang stabil, jika website temen-temen sudah mendapatkan traffic yang sangat banyak, misal ada 1000.000 kunjungan setiap harinya, maka saya menyarankan untuk memakai server sendiri yaitu VPS.

VPS adalah Virtual Private Server, sebuah layanan bagi siapa saja yang membutuhkan server yang lebih stabil dan private. VPS biasanya ini digunakan oleh para pemilik perusahaan yang ingin websitenya lancar ketika diakses oleh banyak orang. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang VPS, klik tautan berikut www.domainesia.com/vm satu dari sekian banyak perusahaan layanan domain hosting terbaik yang ada di indonesia.

Source :

DomaiNesia.com
We Are Social
Hootsuite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *